LCW Berharap KPK Mencabut Permohonan Banding Perkara Karomani Bukan Karena Tekanan Politik

Read Time:1 Minute, 33 Second
LCW Berharap KPK Mencabut Permohonan Banding Perkara Karomani Bukan Karena Tekanan Politik

Lampung, 11 Juni 2023 – Lampung Corruption Watch (LCW) berharap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencabut permohonan banding perkara terdakwa karomani di Pengadilan Tinggi Tanjung Karang bukan karena tekanan politik.

Ketua LCW, Juendi Leksa Utama menganggap keputusan KPK ini sebagai langkah yang membingungkan dan meragukan dalam menegakkan hukum terhadap tindak korupsi. Kasus yang melibatkan terdakwa Karomani memiliki dampak yang signifikan bagi masyarakat Lampung dan citra pemberantasan korupsi di Indonesia.

LCW mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan oleh KPK dalam mengungkap dan menuntut kasus korupsi yang melibatkan terdakwa Karomani. Namun, dengan mencabut permohonan banding terhadap putusan perkara tersebut, KPK seolah-olah mengirimkan sinyal yang salah kepada masyarakat bahwa tindak korupsi bisa diabaikan atau diberikan perlakuan khusus.

LCW mendesak KPK untuk memberikan penjelasan yang jelas dan transparan mengenai alasan di balik keputusan ini. Keterbukaan informasi adalah prinsip yang penting dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap lembaga penegak hukum.

“KPK dapat menjelaskan apakah keputusan ini didasarkan pada pertimbangan hukum yang kuat dan bukan karena tekanan politik atau kepentingan lain yang mungkin terkait,” tegasnya.

Advokat ini juga meminta kedepan, KPK tidak mudah menyatakan banding dan kemudian ditengah jalan permohonan banding dicabut.

“keputusan ini harus ditinjau ulang secara menyeluruh oleh KPK,” katanya.

Menurutnya, tindakan ini adalah langkah yang penting untuk memastikan integritas lembaga dan memperkuat upaya pemberantasan korupsi di Indonesia secara keseluruhan. Keputusan yang tepat dan adil harus diambil dalam menangani kasus korupsi yang melibatkan pihak-pihak yang berperan dalam merugikan negara dan masyarakat.

LCW akan terus mengawasi perkembangan kasus ini dan berkomitmen untuk mendukung upaya pemberantasan korupsi yang berkelanjutan. Kami akan terus mendorong transparansi, akuntabilitas, dan keadilan dalam penegakan hukum korupsi di Indonesia.

Kami mengajak seluruh masyarakat Lampung dan Indonesia untuk tetap waspada terhadap kasus-kasus korupsi dan mendukung langkah-langkah nyata dalam memberantas korupsi.

“Bersama-sama, kita dapat menciptakan lingkungan yang bebas dari korupsi, yang menjunjung tinggi keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia,” tutupnya.

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %