Kasus Pelanggaran HAM di Papua Semakin Merajalela, IKMAPAL Gelar Aksi di Tugu Adipura

Read Time:1 Minute, 6 Second
Kasus Pelanggaran HAM di Papua Semakin Merajalela, IKMAPAL Gelar Aksi di Tugu Adipura

Bandar Lampung – Beredar Video yang dilakukan oleh oknum Prajurit TNI yang diduga telah melakukan penganiayaan terhadap Anggota KKB Papua yang bernama Definus Kogoya, pada 25 Maret 2024 lalu, karena diduga akan membakar Puskesmas Omukia, Kab. Puncak, Papua Tengah.

Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal Maruli Simanjuntak angkat bicara dan menyayangkan kekerasan yang terjadi oleh oknum Prajurit TNI dan menegaskan penganiayaan tersebut merupakan pelanggaran hukum.

Atas kejadian tersebut, Ikatan Mahasiswa Papua Lampung (IKMAPAL) mengelar aksi damai dalam memperingati atas terjadinya pelanggaran HAM Berat yang dilakukan oleh TNI/POLRI terhadap orang asli papua, di Tugu Adipura, Bandar Lampung pada Kamis (4/4).

Ketua IKMAPAL, Dominggus Kosamah menyampaikan bahwa sebelumnya telah melakukan konsolidasi kepada Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) beserta BEM untuk mengangkat isu kemanusiaan yang terjadi di Papua.

“Untuk 60 tahun kebelakangan ini, masalah ini masif terjadi di kami dan tidak ada tanggapan serius masalah kemanusiaan di Papua”, ujarnya

Ketua IKMAPAL, Dominggus Kosamah juga menambahkan bahwa Proyek negara hari ini adalah bagaimana mempertahankan Papua untuk Indonesia.

“Proyek negara hari ini adalah bagaimana mempertahankan Papua untuk dibangun, bukan dibunuh secara manusia, mental, dan psikis. Dan banyak yang dikirim disana adalah guru tetapi mengajar di sekolah dengan memegang senjata dan itu sangat menggangu”, imbuhnya.

Ketua IKMAPAL, Dominggus Kosamah  berharap agar TNI tetap dikirim karena sesuai dengan Peraturan Daerah karena Daerah baru harus punya pengamanan, namun jangan berlebihan.

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %