DPR RI Minta Bawaslu Bandar Lampung di Evaluasi

Read Time:1 Minute, 21 Second
DPR RI Minta Bawaslu Bandar Lampung di Evaluasi

Bandar Lampung (sindonetwork) — Anggota Komisi II DPR RI Endro S Yahman mengkritik pedas kinerja Bawaslu Kota Bandar Lampung. Bawaslu sebagai pengawas demokrasi dinilai tidak tegas dalam mengambil keputusan.┬áSelasa,16 Mei 2023.

Terlebih permasalahan tentang Netralitas ASN dan pemasangan banner Partai menggunakan mobil Dinas PU Bandar Lampung. Penyelesaian kasus kedua tidak ada ketegasan dari Bawaslu Bandar Lampung.

Bahkan Bawaslu Bandar Lampung dianggap tidak ada taring, karena memanggil anak Walikota untuk klasifikasi tentang pemasangan stiker selalu mangkir.

“Jadi para anggota Bawaslu Bandar Lampung terjadi amnesia sejarah, ini kan anak kandung reformasi (Bawaslu) mereka melukai reformasi, tugas Bawaslu bukan jadi corong pemerintah,”katanya.

Ia melanjutkan, jika contoh permasalahan keduanya tidak ada ketegasan bagaimana bisa mengatasi politik uang (many politik) dan pelanggaran administrasi yang Terstuktur Sistematis Masif (TSM).

Bawaslu Bandar Lampung harus bekerja sesuai aturan tidak pandang bulu. Pemilu yang bersih melahirkan pemimpin yang jujur dan adil.

“Ini tugas Bawaslu jangan cari alasan pembenaran, yang salah ditindak jangan ditutupi. Sampaikan dengan jelas apa hasil dari pemeriksaan terhadap persoalan yang ditangani,”katanya.

Ia melanjutkan, meski pemerintah berdalih mobil dinas crane untuk Penertiban bukan pemasangan banner Partai perlu diklarifikasi dan ambil sikap oleh Bawaslu.

“Bukannya jadi corong pemerintah ambil sikap tegas, karena Bawaslu Bandar Lampung ini jadi contoh dan sorotan Bawaslu di Kabupaten/kota ,”katanya.

Komisi II DPR RI dalam waktu dekat berencana akan memanggil Bawaslu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), salah satunya membahas kinerja Bawaslu Bandar Lampung yang perlu di evaluasi.

“Jadi para anggota Bawaslu Bandar Lampung ini perlu di evaluasi, dari awal saya lihat tidak ada ketegasan, bila perlu diganti semua,”katanya.(Red)

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %