Pengumuman Seleksi 8 Besar Bawaslu Lampung 2023 Ditunda, Alasannya Membingungkan?

Read Time:1 Minute, 24 Second
Pengumuman Seleksi 8 Besar Bawaslu Lampung 2023 Ditunda, Alasannya Membingungkan?

Lampung – Penundaan pengumuman hasil seleksi 8 besar Bawaslu Lampung membingungkan publik. Kepala Divisi Program dan Kajian Strategis Lampung Corruption Watch (LCW) Septian Hermawan turut pertanyakan independensi Tim Seleksi (Timsel) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Lampung dalam proses seleksi anggota Bawaslu Lampung 2023.

Seyogyanya, pengumuman hasil tes kesehatan dan wawancara calon anggota Bawaslu Lampung akan diumumkan pada 14 Juni 2023. Namun, hingga pagi tanggal 16 Juni 2023, pengumuman calon anggota Bawaslu belum kunjung dikeluarkan.

“Ini menjadi perhatian publik, Timsel Bawaslu Provinsi Lampung harus memberikan penjelasan penundaan ini,” desaknya.

Septian menambahkan, masyarakat Lampung ingin mengetahui apa yang dimaksud reviu dari Bawaslu RI ini. Menariknya, sepengetahuan kami seleksi tahun sebelumnya tidak terjadi penundaan pengumuman dengan alasan seperti itu.

Penundaan pengumuman tersebut diumumkan melalui situs web Bawaslu Lampung yang berbunyi “Dalam rangka melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, setelah melakukan penilaian terhadap hasil Tes Kesehatan dan Wawancara, bersama ini kami umumkan bahwa pengumuman tes kesehatan dan wawancara calon anggota Bawaslu Provinsi Lampung periode 2023 – 2028 ditunda dikarenakan masih menunggu hasil reviu dari Bawaslu RI.”

LCW menegaskan bahwa transparansi dan independensi dalam proses seleksi anggota Bawaslu sangat penting bagi integritas lembaga tersebut. Publik berhak mengetahui alasan konkret di balik penundaan pengumuman ini dan memahami apakah proses seleksi dilakukan secara obyektif dan adil.

Advokat ini meminta Timsel Bawaslu Provinsi Lampung untuk segera memberikan klarifikasi yang memadai dan menjelaskan langkah-langkah yang sedang diambil untuk menyelesaikan masalah penundaan ini.

Masyarakat Lampung memiliki harapan yang tinggi terhadap lembaga Bawaslu dan menginginkan adanya kepastian bahwa proses seleksi dilakukan dengan integritas yang tinggi.

Kami terus memantau perkembangan terkait seleksi anggota Bawaslu Provinsi Lampung dan berkomitmen untuk mendukung terwujudnya lembaga pengawas pemilu yang independen dan kuat.

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %