Penghubung Komisi Yudisial Lampung Benarkan Hadir Pantau Sidang Gugatan Perdata PT. AKG VS Warga Tanjung Ratu Way Kanan

Read Time:1 Minute, 30 Second
Penghubung Komisi Yudisial Lampung Benarkan Hadir Pantau Sidang Gugatan Perdata PT. AKG VS Warga Tanjung Ratu Way Kanan

Blambangan Umpu, SINDOnetwork- Kantor Penghubung Komisi Yudisial (PKY) wilayah Lampung membenarkan informasi terkait kehadirannya memantau sidang di Pengadilan Negeri Blambangan Umpu, Senin 3 Juli 2023 lalu.

Sidang yang dipantau PKY Lampung yaitu gugatan perdata yang diajukan oleh PT. Adi Karya Gemilang(AKG) sebagai penggugat melawan 12 orang warga sebagai tergugat dengan registrasi perkara nomor: 6/Pdt.G/2023/PN.Bbu.

“Iya benar kami pantau sidangnya,” kata Koordinator Kantor Penghubung Komisi Yudisial Wilayah Lampung, Indra Firsada saat dihubungi wartawan SINDOnetwork pada Kamis, 6 Juli 2023 malam.

Sidang yang dipantau PKY Lampung ini dipimpin Ketua Majelis Hakim, Arista Budi Cahyawan, SH.MH, serta anggota M. Noor Yustisiananda, SH.MH, dan Echo Wardoyo, SH.MH.

Dikutip dari SIPP PN Blambangan Umpu, sidang pada hari itu diagendakan pemeriksaan saksi dan ahli yang diajukan oleh pihak penggugat. Namun, karena ketidakhadiran Hakim Ketua yang sedang menjalani cuti tahunan, kesemua saksi dan ahli dari pihak penggugat tidak diperiksa oleh majelis hakim. Oleh karena itu, sidang ditunda hingga minggu depan, pada hari Senin, 10 Juli 2023.

Dalam petitum gugatan yang diajukan oleh penggugat, terdapat beberapa tuntutan yang diminta kepada majelis hakim yaitu:

Pertama, mengabulkan gugatan penggugat secara keseluruhan.

Kedua, membatalkan Surat Pernyataan Bersama hasil mediasi antara PT. Adi Karya Gemilang dan perwakilan masyarakat Tanjung Ratu, Kecamatan Pakuan Ratu, Kabupaten Way Kanan, yang dibuat pada tanggal 19 Juni 2016 di hadapan Kapolres Way Kanan, antara penggugat dengan para tergugat.

Ketiga, menyatakan bahwa surat pernyataan bersama tersebut tidak sah dan tidak memiliki kekuatan hukum mengikat, efektif sejak pembacaan putusan.

Keempat, memerintahkan semua pihak yang terlibat dalam perjanjian untuk tunduk dan taat pada putusan dalam perkara ini.

Kelima, menyatakan bahwa putusan dalam perkara ini dapat dijalankan secara langsung meskipun terdapat upaya verzet, banding, atau kasasi.

Terakhir, menghukum para tergugat untuk membayar seluruh biaya perkara yang timbul sehubungan dengan perkara ini. (*)

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %