Gala Dinner JUMBARA Nasional IX PMR 2023 Dihadiri 44 WNA Dari 12 Negara

Read Time:3 Minute, 25 Second
Gala Dinner JUMBARA Nasional IX PMR 2023 Dihadiri 44 WNA Dari 12 Negara

Kalianda, SINDOnetwork- Gala Dinner JUMBARA Nasional IX Palang Merah Remaja (PMR) Tahun 2023 turut dihadiri 44 WNA dari 12 Negara serta peserta PMI se- Provinsi dan para pejabat struktural di pemkab Lamsel yang digelar di Aula Sebuku Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan pada Senin, 3 Juli 2023 malam.

Sekretaris Jenderal PMI Pusat, A.M Fachir menyampaikan dalam momentum Jumbara Nasional ini, kiranya dapat menjadi khasanah ilmu dan media berbagi informasi bagi seluruh kontingen peserta Jumbara Nasional, baik kontingen dalam maupun dari luar negeri, mengenai ragam budaya daerah masing-masing termasuk berbagai objek wisata unggulannya.

“Terpenting selepas kegiatan ini dalam diri mereka tertanam jiwa kesukarelaan dan kemanusiaan, dan selalu merasa bangga untuk membantu orang lain,” ujar Fachir.

Dia berharap seluruh peserta bisa mempromosikan nilai kesukarelaan dan kemanusiaan serta membantu orang lain yang membutuhkan menjadi suatu kebanggaan tersendiri dan bisa menularkan seluruh ilmu kepada orang lain yang didapat pada Jumbara ini.

Kegiatan ini, menurutnya akan menjadi kenangan yang tidak akan terlupakan oleh generasi penerus kita,apa yang mereka dapat akan melekat di benaknya sampai mereka dewasa.

acara tersebut turut dihadiri, Abdul Azis (Kepala Markas PMI Pusat), Muhammad Muas, (Pengurus Pusat PMI), Arys (Kepala Markas PMI Provinsi Lampung), Thamrin (Sekdakab Lampung Selatan), Thomas Amirico (Sekertaris DPRD Lampung Selatan), Hendri Rosyadi (Ketua DPRD Lampung Selatan), Eka RiantinawatiI, S.KM, M.Kes. (Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat).

Dalam kesempatan itu, Thamrin Sekdakab Lampung Selatan mengungkapkan pemerintah dan masyarakat Lampung Selatan memiliki kebanggaan tersendiri karena telah dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan Jumbara PMR ke IX Tahun 2023 ini.

Sebagai penyelenggara, dia mengatakan tentunya pemkab Lamsel sudah mempersiapkan diri dengan baik, dan siap mensukseskan perhelatan Jumbara Nasional PMR Ke IX Tahun 2023. Oleh karena itu beberapa kesiapan telah dilakukan, seperti penyambutan para tamu undangan, para Kontingen, serta akomodasi lainnya.

Selain itu, lokasi kegiatan Jumbara ditempatkan di area Agro Wisata yang terletak di tengah-tengah Kota Kalianda, berjarak 500 Meter dari Rumah Dinas Bupati, dan 600 Meter dari Komplek Perkantoran Pemda Lampung Selatan, termasuk berdekatan dengan Stadion Jati Kalianda, dimana menjadi tempat Pembukaan Jumbara PMR Nasional ke-IX Tahun 2023 besok dilaksanakan.

Lampung Selatan merupakan salah satu Kabupaten tertua yang ada di Provinsi Lampung. Kabupaten ini merupakan daerah yang berada di ujung Selatan Pulau Sumatera, berbatasan langsung dengan Pulau Jawa, yaitu Provinsi Banten, sehingga Kabupaten Lampung Selatan mendapat julukan Serambi Sumatera, atau Gerbangnya Pulau Sumatera.

Kabupaten ini dihuni oleh berbagai etnis suku bangsa, seperti Suku Jawa, Padang, Sunda, Bali, Bugis, dan penduduk pribumi asli Suku Lampung sendiri, serta etnis suku lainnya yang telah menetap lama disini. Seluruh suku yang berdiam disini sangat rukun, hidup berdampingan, damai, aman, dan kondusifitas sangat terjaga disini dengan baik.

Dia menyebutkan mata pencaharian masyarakat sebagian besar adalah Petani, Nelayan, dan sebagian lagi adalah Pedagang dengan Luas Kabupaten Lampung Selatan sendiri adalah 2.109,74 Km2 dan jumlah penduduk 1.081.115 (Satu Juta Delapan Puluh Satu Ribu Seratus Lima Belas) jiwa, yang tersebar di 17 Kecamatan, 4 Kelurahan serta 256 Desa dan Kabupaten Lampung Selatan sendiri memiliki garis pantai sepanjang 247,76 Km, dengan 7 (Tujuh) Kecamatan Pesisir dan 42 Pulau.

Sedangkan dari Gambaran kondisi Geografis diatas, tentunya Kabupaten Lampung Selatan memiliki banyak Destinasi Wisata Pantai, seperti Wisata Anak Gunung Krakatau di Selat Sunda, Pantai Tanjung Tuha, Pulau Mengkudu, Pantai Kedu Warna, dan pantai-pantai lainnya. Bahkan Desa Wisata Kelawi yang didalamnya terdapat pantai Minang Rua masuk dalam 75 Besar Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023 dan telah dikunjungi langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Bapak Sandiaga Salahuddin Uno akhir Bulan Mei 2023.

Daerah ini juga memiliki Objek Wisata terpadu seperti Bakauheni Harbour City, Menara Siger Lampung. Dibawah kaki Gunung Rajabasa ada Pemandian Way Belerang, Air terjun Way Kalam dan Wisata Gunung Batu, Wisata Religi makam Pahlawan Nasional Radin Inten II, dan Makam Ratu Darah Putih, ada juga Wisata Sejarah Prasasti Batu Tulis peninggalan Kerajaan Sriwijaya di Kecamatan Palas. Selain objek wisata tersebut kami juga memiliki Wisata Budaya salah satunya pertunjukkan Tari Tuping yang merupakan tari tradisional Lampung Selatan, dan tidak lengkap kiranya jika Bapak, Ibu dan saudara sekalian pulang nanti tanpa membawa cindra mata khas Lampung Selatan Kain Tapis Inuh. (*)

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %